Home » » LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS

LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS

Dodo Yamendra | 17.33 | 0 komentar



LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS

Judul Penelitian           : Analisis Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini pada Taman
  Kanak-kanak Al-Azhar
Waktu Pelaksanaan     : 3 April 2013
Tempat Penelitian       : TK Al-Azhar Pasaman Barat
I. Pendahuluan
1. Latar Belakang Penelitian
            Taman Kanak-kanak (TK) Al-Azhar adalah salah satu TK yang ada di Pasaman barat yang merupakan realisasi dari Program Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Untuk itu Direktorat telah mengeluarkan aturan-aturan mendirikan TK dan kurikulum sebagai panduan penyusunan rencana di lembaga PAUD, termasuk Taman Kanak-kanak, kegiatan-kegiatan dalam Taman Kanak-kanak ini, selain didasari oleh kurikulum, juga diwarnai oleh pengetahuan dan keinginan para pendiri/pimpinan dan pendidik yang berkecimpung dalam TK tersebut.
            Program S1 PG-PAUD UT membuat target yang lulusannya menjadi tenaga pendidik PAUD Profesional yang harus dapat mengembangkan program PAUD dan membuat terobosan-terobosan baru. Dalam memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut telah dilakukan penelitian di TK Al-Azhar Pasaman Barat dalam rangka pengumpulan data selanjutnya dianalisis secara kritis.
2. Fokus Penelitian
            Setelah diadakan observasi di salah satu ruangan TK Al-Azhar maka penelitian ini terfokus pada kegiatan anak dalam menggunakan/memainkan APE (Kartu Angka Berpintu) yang tersedia di kelas (disediakan guru) yang dipandu oleh pertanyaan-pertanyaan pendidik.
3. Tujuan Penelitian
a.       Alasan pendidik mengkolaborasikan 2 model pembelajaran
1)      Alasan pendidik melakukan kegiatan
2)      Mengumpulkan data dan membuat analisis kritis
b.      Mengumpulkan data dan membuat analisis kritis
4. Manfaat Penelitian
            Memberikan masukan, melatih mahasiswa serta mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis kegiatan PAUD.


II. Landasan Teori 
            Berapa manfaat yang bisa diperoleh seorang anak melalui bermain antara lain (Zaira, 2008) :
1.      Aspek fisik, dengan mendapat kesempatan untuk melakukan kegiatan yang banyak melibatkan gerakan-gerakan tubuh, akan membuat tubuh anak menjadi sehat.
2.      Aspek perkembangan motorik kasar dan halus, hal ini untuk meningkatkan keterampilan anak
3.      Aspek sosial, anak belajar berpisah dengan ibu dan pengasuh, anak belajar menjalin hubungan dengan teman sebaya, belajar berbagi hak, mempertahankan hubungan perkembangan bahasa dan bermain peran sosial.
4.      Aspek bahasa, anak akan memperoleh kesemapatan yang luas untuk berani bicara. Hal in penting bagi kemampuan anak dalam berkomunikasi dan memperluas kemampuannya.
5.      Aspek emosi dan kepribadian, melalui bermain, anak dapat melepaskan ketegangan yang dialaminya. Dengan bermain kelompok, anak akan mempunyai penilaian terhadap dirinya tentang kelebihan yang dimiliki sehingga dapat membantu pembentukan konsep diri yang positif, mempunyai rasa percaya diri dan harga diri.
6.      Aspek kognisi, pengetahuan yang didapat akan bertambah luas dan daya nalar juga bertambah luas, dengan mempunyai kreativitas, kemampuan berbahasa, dan peningkatan daya ingat anak
7.      Aspek ketajaman panca indra, dengan bermain anak dapat lebih peka pada hal-hal yang berlangsung dilingkungan sekitarnya.
8.      Aspek perkembangan kreativitas, kegiatan ini menyangkut kemampuan melihat sebanyak mungkin alternatif jawaban kemampuan divergen ini yang mendasari kemampuan kreativitas seseorang.
9.      Terapi melalui kegiatan bermain anak dapat mengubah emosi negatif menjadi positif dan lebih menyenangkan
Menurut Brata (dalam Sudono, 1995:23) bahwa :
“Bermain menggunakan alat yang dapat membuat anak senang, dapat berimajinasi dan bekerja sama, oleh sebab itu, penyediaan alat bermain hendaklah tidak berbahaya, mudah didapat sebaiknya dibuat sendiri, berwawasan, dominan, tidak mudah rusak, jangan yang berat tidak dapat dipindahkan oleh anak”.
Menurut Santoso (dalam Kamtini, 2005:62) fungsi alat permainan antara lain sebagai berikut : 1) melatih kecerdasan intelektuak anak dan meliputi rasa ingin tahu anak, 2) melatih keberanian dalam kepercayaan anak, 3) melatih keterampilan minat, mencoba, dan menebak, 4) mengenal angka dalam pembelajaran menghitung, 5) membuat anak senang.   

III. Metodologi Penelitian
1.      Subyek Penelitian       : TK Al-Azhar
2.      Metode Penelitian       : Mengumpulkan Data
3.      Instrumen Penelitian   : Melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi

IV. Analisa Data
Tabulasi Data
Observasi
Wawancara dengan Kepala Sekolah
Dokumentasi
Sang guru menyediakan berbagai macam alat permainan bagi anak sehingga anak tertarik, antusias dalam mengikuti PBM dengan benar
Saya yakin dengan visi dan misi yang jelas dan terarah serta berpegang erat pada kwalitas guru termasuk pelayanan pada anak, orang tua serta menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan dan menyediakan media serta alat permainan yang menarik, bervariasi, dan jumlah yang memadai, akan tercipta anak-anak yang unggul dalam pendidikan iman dan taqwa serta memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang mandiri dan bertanggung jawab 
Dalam PBM memang terlihat sang pendidik menyediakan alat permainan dengan memandu dan memberikan ransangan pada anak

2. Analisis Kritis
            Dari data tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menyediakan berbagai alat permainan merupakan suatu kegiatan yang bermaksud mengembangkan kemampuan yang dimulai anak secara maksimal, untuk mencapai visi, misi dari TK Al-Azhar yang dilakukan dengan model pembelajaran yang menyenangkan sehingga kemampuan yang dimiliki anak usia dini baik perkembangan fisik, kognitif dan kemandirian sudah dapat dibentuk sejak dini yang penting yayasan, kepala sekolah dan guru selalu melakukan komunikasi rutin dan saling bertukar ide dan pengalaman demi pencapain visi dan misi yang mereka buat yang berpedoman kepada kematangan dan kesiapan anak dalam menerima berbagai informasi yang didapatnya dengan cara bermain.
V. Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
            Dari tabulasi dan analisis data dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut :
a.       TK Al-Azhar mempunyai visi dan misi yang jelas untuk mendidik tunas bangsa yang bertaqwa dan memiliki ilmu pengetahuan serta mandiri dan membantu mengembangkan kemampuan anak dari segala aspek pengembangan, dengan menyediakan berbagai alat permainan.
b.      Visi dan misi ini tergambar dari pembelajaran-pembelajaran yang dilakukan dengan menonjolkan pendidikan agama yang dipadu dengan pendidikan kognitif sesuai dengan kemampuan anak.
c.       TK Al-Azhar juga menata ruangan yang kondusif untuk mencapai visi dan misi mereka.
2. Saran-saran
Dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak sebaiknya melibatkan orang tua, agar apa yang sudah di dapat anak di sekolah juga bisa dilakukan orang tua dirumah dengan cara lain yang dapat lebih merangsang segala kemampuan anak yang salah satunya kemampuan kognitif anak seperti : di dalamnya jadwal untuk orang tua mendampingi guru di kelas dalam PBM secara bergiliran sekali 2 hari atau sekali 3 hari.



OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI TAMAN KANAK-KANAK

Taman Kanak-kanak   : Al-Azhar Simpang Empat Pasaman Barat
Tanggal                       : 15 April 2013

No
Hal-hal Unik/Menarik yang Ditemukan Dalam :
Ada
Keterangan/Uraian/Pertanyaan
Ya
Tidak
1
Visi, misi, Tujuan tk

Apa visi misi, dan tujuan TK Al-Azhar
2
Program yang dilakukan untuk mencapai visi, misi, tujuan

Program apa saja yang diterapkan untuk mencapai visi, misi TK Al-Azhar
3
Model Pembelajaran Pengembangan Kegiatan

Apa model pengembangan kegiatan
4
Rancangan program

Siapa yang merancang program di TK
5
APE yang digunakan

Apa saja APE yang digunakan untuk pembelajaran di TK
6
Pendidikan Guru

Tamatan apa pendidik di TK
7
Kepemimpinan

Kepemimpinan bagaimana yang diterapkan
8
Jumlah Anak Didik dan pendidik TK

Berapa jumlah anak didik/guru di TK
9
Perkembangan 2 Tahun Terakhir

Bagaimana perkembangan jumlah anak didik 2 tahun terakhir
10
Prestasi sekolah seperti : pendidik, anak didik

Apa prestasi yang pernah diraih




HASIL WAWANCARA YANG DILAKUKAN PENULIS
KEPADA PIMPINAN TK AL-AZHAR

A
:
Selamat siang bu
Ibu B
:
Selamat siang
A
:
Setelah tadi saya mengobservasi dan mewawancarai salah seorang pendidik di TK yang ibuk pimpin, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan, Ibu tidak keberatan bukan?
Ibu B
:
O..silahkan akan saya jawab sebisanya
A
:
Apa visi/misi/tujuan dari TK yang unggul dalam konteks pendidikan anak?
Ibu B
:
Visi : menciptakan anak didik yang unggul dalam pendidikan IMTAQ dan IPTEK serta mempunyai kemandirian dan bertanggung jawab
Misi :
-          Menanamkan rasa percaya diri anak
-          Mewujudkan generasi yang handal dan tangguh berdasarkan IMTAQ dan IPTEK
-          Meningkatkan kualitas pendidikan
-          Melaksanakan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku
-          Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik
A
:
Untuk mencapai visi/misi/tujuan tersebut program apa yang diandalkan/ digunakan TK yang ibu pimpin?
Ibu B
:
Meningkatkan mutu pendidikan dengan cara : 1) mengangkat guru yang berlatar belakang pendidikan mendukung sebagai guru TK, 2) dan menyaring guru-guru yang benar-benar memiliki rasa kerja keras dan pengabdian yang tinggi pada lembaga khususnya anak didik, 3) memberikan ransangan dan motivasi guna meningkatkan kreatifitas guru dengan cara mengikutkannya les komputer, pelatihan-pelatihan serta mengikatkan dan mengadakan lomba antar guru, sekolah, tingkat kecamatan bahkan ke tingkat propinsi seperti : lomba APE, antar guru dan memberikan penilaian kepada guru diakhir tahun seperti : kedisiplinan, kreatifan dan pelaksanaan PBM.  
A
:
Model pengembangan kegiatan apa yang diterapkan di Kelompok Bermain ini (misal model sentra, model area, model kelompok) ?
IbuB
:
Model pengembangan kegiatan yang dilakukan yaitu model kelompok
A
:
Siapa yang merancang program tersebut?
Ibu B
:
Secara garis besar program kami rancang bersama yaitu saya dan para pendidik juga mengikut sertakan yayasan dan kelompok diasuh 2 orang pendidik
A
:
Tadi saya telah melihat salah satu kelas guru ibuk, guru memakai banyak APE, darimana didapat APE itu?
Ibu B
:
TK kami memang menggunakan banyak APE dan itulah salah satu perbedaan yang kami dengan TK yang lain, pendidik memang saya tuntut untuk membuat atau menyediakan banyak APE selain sekolah juga menyediakan APE-APE yang siap pakai atau dibeli dan juga diperoleh dengan bantuan-batuan dengan mengajukan proposal baik proposal ke Kabupaten, ke Propinsi, bahkan ke Pusat dan Alhamdulillah proposal yang ajukan setiap selalu mendapat tanggapan
A
:
Apa latar belakang/pendidikan para pendidik di TK Ibuk?
Ibu B
:
Latar belakang pendidik di TK saya berbeda-beda ada dari Sarjana Hukum, Sarjana Bahasa Inggris dan dari D2 PGTK. Meskipun demikian para pendidik kami sudah berpengalaman di TK dan kami juga mengupayakan meningkatkan pemahaman dan kreatifitas pendidik dengan mengikatkan pelatihan-pelatihan sehingga dari hasil pantauan kami dibandingkan dengan pendidik yang berlatar belakang PGTK mereka lebih kreatif dan menguasai pembelajaran di TK  
A
:
Bagaimana kepemimpinan yang ibuk terapkan di TK ini
Ibu B
:
Sebagai seorang saya juga memberikan kebebasan kepada para pendidik dalam mengembangkan potensi anak yang sesuai dengan program dan karakter sekolah juga tidak lepas dari pengawasan sekolah. Saya memberikan penekanan kepemimpinan kepada pendidik untuk memberikan kebebasan kepada anak untuk berekplorasi sesuai dengan minat dan kemampuannya
A
:
Berapa jumlah pendidik dan anak asuh di TK ini?
B
:
Pendidik berjumlah 4 orang untuk mengawasi 52 orang anak yang terbagi dalam 2 kelompok dan setiap kelompok diasuh oleh 2 orang pendidik   
A
:
Bagaimana perkembangan jumlah maupun kwalitas anak didik di TK ibu 2 tahun terakhir?
B
:
Dalam 2 tahun terakhir ini jumlah anak didik di TK ini mengalami peningkatan yang cukup membanggakan
Tahun Ajaran 2010/2011 jumlah siswa 30 orang
Tahun ajaran 2011/2012 jumlah siswa 40 orang
Tahun ajaran 2012/2013 jumlah siswa 52 orang
A
:
Apa yang menyebabkan peningkatan dari jumlah anak didik ibuk?
B
:
Peningkatan itu dikarenakan sekolah kami mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada anak dan orang tua, pemakaian APE yang memadai sehingga anak tertarik dan betah mengikuti PBM di sekolah ini, bagi pendidik lebih leluasa untuk bervariasi dan bermunculannya ide-de dengan adanya APE yang banyak 
A
:
Apa prestasi yang pernah diraih oleh TK ini?
B
:
Sekolah ini sudah banyak meraih prestasi sejak berdirinya lembaga ini pada tahu 2004 prestasi guru :
-          Lomba nyanyi Solo TK Kabupaten (Juara I 2008)
-          Lomba karya tulis pendidik PAUD pada 8 Juni 2012 yang diadakan oleh PTK PAUDNI
-          Juara I Tingkat Kabupaten
-          Juara karya nyata Pendidik PAUD pada 5 Juli 2012 pada Jambore PAUD meraih Juara I Tingkat Kabupaten
-          Juara APE TK Propinsi 2011 dan prestasi lain seperti yang mencapai tingkat propinsi lomba kolasi, animasi, tata busana dan sanggul daerah

Prestasi anak didik
Juara lomba senam kreasi, melukis, mewarnai gambar, pildacil, tari kreasi
A
:
Wah, cukup membanggakan sekali prestasi-prestasi yang telah diraih sekolah ini. Mudah-mudahan sekolah ini dapat mempertahankan prestasinya dan lebih meningkat lagi dimasa yang akan datang   



B
:
Amin, itu sudah menjadi tekad kami
A
:
Baiklah bu, sudah banyak informasi yang kami dapatkan sebelumnya saya mohon maaf sudah menyita waktu Ibuk dan saya mengucapkan terima kasih
B
:
Sama-sama

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2010. ENGKUSARTAN - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger