LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS
Judul Penelitian : Analisis Pengembangan Kegiatan Anak
Usia Dini pada Taman
Kanak-kanak Al-Azhar
Waktu
Pelaksanaan : 3 April 2013
Tempat
Penelitian : TK Al-Azhar Pasaman Barat
I. Pendahuluan
1. Latar Belakang Penelitian
Taman Kanak-kanak (TK) Al-Azhar
adalah salah satu TK yang ada di Pasaman barat yang merupakan realisasi dari
Program Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Untuk itu Direktorat telah
mengeluarkan aturan-aturan mendirikan TK dan kurikulum sebagai panduan
penyusunan rencana di lembaga PAUD, termasuk Taman Kanak-kanak,
kegiatan-kegiatan dalam Taman Kanak-kanak ini, selain didasari oleh kurikulum,
juga diwarnai oleh pengetahuan dan keinginan para pendiri/pimpinan dan pendidik
yang berkecimpung dalam TK tersebut.
Program S1 PG-PAUD UT membuat target
yang lulusannya menjadi tenaga pendidik PAUD Profesional yang harus dapat
mengembangkan program PAUD dan membuat terobosan-terobosan baru. Dalam memenuhi
tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut telah dilakukan penelitian di TK
Al-Azhar Pasaman Barat dalam rangka pengumpulan data selanjutnya dianalisis
secara kritis.
2. Fokus Penelitian
Setelah diadakan observasi di salah
satu ruangan TK Al-Azhar maka penelitian ini terfokus pada kegiatan anak dalam
menggunakan/memainkan APE (Kartu Angka Berpintu) yang tersedia di kelas
(disediakan guru) yang dipandu oleh pertanyaan-pertanyaan pendidik.
3. Tujuan Penelitian
a.
Alasan pendidik mengkolaborasikan 2 model
pembelajaran
1)
Alasan pendidik melakukan kegiatan
2)
Mengumpulkan data dan membuat analisis kritis
b.
Mengumpulkan data dan membuat analisis kritis
4. Manfaat Penelitian
Memberikan masukan, melatih
mahasiswa serta mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis kegiatan
PAUD.
II. Landasan Teori
Berapa manfaat yang bisa diperoleh
seorang anak melalui bermain antara lain (Zaira, 2008) :
1.
Aspek fisik, dengan mendapat kesempatan untuk
melakukan kegiatan yang banyak melibatkan gerakan-gerakan tubuh, akan membuat
tubuh anak menjadi sehat.
2.
Aspek perkembangan motorik kasar dan halus, hal
ini untuk meningkatkan keterampilan anak
3.
Aspek sosial, anak belajar berpisah dengan ibu
dan pengasuh, anak belajar menjalin hubungan dengan teman sebaya, belajar
berbagi hak, mempertahankan hubungan perkembangan bahasa dan bermain peran sosial.
4.
Aspek bahasa, anak akan memperoleh kesemapatan
yang luas untuk berani bicara. Hal in penting bagi kemampuan anak dalam
berkomunikasi dan memperluas kemampuannya.
5.
Aspek emosi dan kepribadian, melalui bermain,
anak dapat melepaskan ketegangan yang dialaminya. Dengan bermain kelompok, anak
akan mempunyai penilaian terhadap dirinya tentang kelebihan yang dimiliki
sehingga dapat membantu pembentukan konsep diri yang positif, mempunyai rasa
percaya diri dan harga diri.
6.
Aspek kognisi, pengetahuan yang didapat akan
bertambah luas dan daya nalar juga bertambah luas, dengan mempunyai
kreativitas, kemampuan berbahasa, dan peningkatan daya ingat anak
7.
Aspek ketajaman panca indra, dengan bermain anak
dapat lebih peka pada hal-hal yang berlangsung dilingkungan sekitarnya.
8.
Aspek perkembangan kreativitas, kegiatan ini
menyangkut kemampuan melihat sebanyak mungkin alternatif jawaban kemampuan
divergen ini yang mendasari kemampuan kreativitas seseorang.
9.
Terapi melalui kegiatan bermain anak dapat
mengubah emosi negatif menjadi positif dan lebih menyenangkan
Menurut Brata (dalam Sudono, 1995:23) bahwa :
“Bermain menggunakan alat yang dapat membuat anak senang, dapat
berimajinasi dan bekerja sama, oleh sebab itu, penyediaan alat bermain
hendaklah tidak berbahaya, mudah didapat sebaiknya dibuat sendiri, berwawasan,
dominan, tidak mudah rusak, jangan yang berat tidak dapat dipindahkan oleh
anak”.
Menurut Santoso (dalam Kamtini, 2005:62) fungsi alat permainan antara
lain sebagai berikut : 1) melatih kecerdasan intelektuak anak dan meliputi rasa
ingin tahu anak, 2) melatih keberanian dalam kepercayaan anak, 3) melatih
keterampilan minat, mencoba, dan menebak, 4) mengenal angka dalam pembelajaran
menghitung, 5) membuat anak senang.
III. Metodologi Penelitian
1.
Subyek Penelitian : TK Al-Azhar
2.
Metode Penelitian : Mengumpulkan Data
3.
Instrumen Penelitian : Melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi
IV. Analisa Data
Tabulasi Data
Observasi
|
Wawancara dengan Kepala Sekolah
|
Dokumentasi
|
Sang guru
menyediakan berbagai macam alat permainan bagi anak sehingga anak tertarik,
antusias dalam mengikuti PBM dengan benar
|
Saya yakin
dengan visi dan misi yang jelas dan terarah serta berpegang erat pada
kwalitas guru termasuk pelayanan pada anak, orang tua serta menciptakan
suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan dan menyediakan media serta
alat permainan yang menarik, bervariasi, dan jumlah yang memadai, akan
tercipta anak-anak yang unggul dalam pendidikan iman dan taqwa serta memiliki
ilmu pengetahuan dan teknologi yang mandiri dan bertanggung jawab
|
Dalam PBM
memang terlihat sang pendidik menyediakan alat permainan dengan memandu dan
memberikan ransangan pada anak
|
2. Analisis Kritis
Dari data tersebut diatas dapat
disimpulkan bahwa dengan menyediakan berbagai alat permainan merupakan suatu
kegiatan yang bermaksud mengembangkan kemampuan yang dimulai anak secara
maksimal, untuk mencapai visi, misi dari TK Al-Azhar yang dilakukan dengan
model pembelajaran yang menyenangkan sehingga kemampuan yang dimiliki anak usia
dini baik perkembangan fisik, kognitif dan kemandirian sudah dapat dibentuk
sejak dini yang penting yayasan, kepala sekolah dan guru selalu melakukan
komunikasi rutin dan saling bertukar ide dan pengalaman demi pencapain visi dan
misi yang mereka buat yang berpedoman kepada kematangan dan kesiapan anak dalam
menerima berbagai informasi yang didapatnya dengan cara bermain.
V. Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
Dari tabulasi dan analisis data
dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut :
a.
TK Al-Azhar mempunyai visi dan misi yang jelas
untuk mendidik tunas bangsa yang bertaqwa dan memiliki ilmu pengetahuan serta
mandiri dan membantu mengembangkan kemampuan anak dari segala aspek
pengembangan, dengan menyediakan berbagai alat permainan.
b.
Visi dan misi ini tergambar dari
pembelajaran-pembelajaran yang dilakukan dengan menonjolkan pendidikan agama
yang dipadu dengan pendidikan kognitif sesuai dengan kemampuan anak.
c.
TK Al-Azhar juga menata ruangan yang kondusif
untuk mencapai visi dan misi mereka.
2. Saran-saran
Dalam mengembangkan kemampuan kognitif
anak sebaiknya melibatkan orang tua, agar apa yang sudah di dapat anak di
sekolah juga bisa dilakukan orang tua dirumah dengan cara lain yang dapat lebih
merangsang segala kemampuan anak yang salah satunya kemampuan kognitif anak
seperti : di dalamnya jadwal untuk orang tua mendampingi guru di kelas dalam
PBM secara bergiliran sekali 2 hari atau sekali 3 hari.
OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI TAMAN KANAK-KANAK
Taman Kanak-kanak : Al-Azhar Simpang Empat Pasaman Barat
Tanggal : 15 April 2013
No
|
Hal-hal Unik/Menarik yang Ditemukan Dalam
:
|
Ada
|
Keterangan/Uraian/Pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Visi, misi,
Tujuan tk
|
√
|
Apa visi misi,
dan tujuan TK Al-Azhar
|
|
2
|
Program yang
dilakukan untuk mencapai visi, misi, tujuan
|
√
|
Program apa
saja yang diterapkan untuk mencapai visi, misi TK Al-Azhar
|
|
3
|
Model
Pembelajaran Pengembangan Kegiatan
|
√
|
Apa model
pengembangan kegiatan
|
|
4
|
Rancangan
program
|
√
|
Siapa yang
merancang program di TK
|
|
5
|
APE yang
digunakan
|
√
|
Apa saja APE
yang digunakan untuk pembelajaran di TK
|
|
6
|
Pendidikan
Guru
|
√
|
Tamatan apa
pendidik di TK
|
|
7
|
Kepemimpinan
|
√
|
Kepemimpinan
bagaimana yang diterapkan
|
|
8
|
Jumlah Anak
Didik dan pendidik TK
|
√
|
Berapa jumlah
anak didik/guru di TK
|
|
9
|
Perkembangan 2
Tahun Terakhir
|
√
|
Bagaimana
perkembangan jumlah anak didik 2 tahun terakhir
|
|
10
|
Prestasi
sekolah seperti : pendidik, anak didik
|
√
|
Apa prestasi
yang pernah diraih
|
HASIL WAWANCARA YANG DILAKUKAN PENULIS
KEPADA PIMPINAN TK AL-AZHAR
A
|
:
|
Selamat siang
bu
|
Ibu B
|
:
|
Selamat siang
|
A
|
:
|
Setelah tadi
saya mengobservasi dan mewawancarai salah seorang pendidik di TK yang ibuk
pimpin, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan, Ibu tidak keberatan
bukan?
|
Ibu B
|
:
|
O..silahkan
akan saya jawab sebisanya
|
A
|
:
|
Apa
visi/misi/tujuan dari TK yang unggul dalam konteks pendidikan anak?
|
Ibu B
|
:
|
Visi :
menciptakan anak didik yang unggul dalam pendidikan IMTAQ dan IPTEK serta
mempunyai kemandirian dan bertanggung jawab
Misi :
-
Menanamkan rasa percaya diri anak
-
Mewujudkan generasi yang handal dan tangguh
berdasarkan IMTAQ dan IPTEK
-
Meningkatkan kualitas pendidikan
-
Melaksanakan pendidikan sesuai dengan
kurikulum yang berlaku
-
Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik
|
A
|
:
|
Untuk mencapai
visi/misi/tujuan tersebut program apa yang diandalkan/ digunakan TK yang ibu
pimpin?
|
Ibu B
|
:
|
Meningkatkan
mutu pendidikan dengan cara : 1) mengangkat guru yang berlatar belakang
pendidikan mendukung sebagai guru TK, 2) dan menyaring guru-guru yang
benar-benar memiliki rasa kerja keras dan pengabdian yang tinggi pada lembaga
khususnya anak didik, 3) memberikan ransangan dan motivasi guna meningkatkan
kreatifitas guru dengan cara mengikutkannya les komputer, pelatihan-pelatihan
serta mengikatkan dan mengadakan lomba antar guru, sekolah, tingkat kecamatan
bahkan ke tingkat propinsi seperti : lomba APE, antar guru dan memberikan
penilaian kepada guru diakhir tahun seperti : kedisiplinan, kreatifan dan
pelaksanaan PBM.
|
A
|
:
|
Model
pengembangan kegiatan apa yang diterapkan di Kelompok Bermain ini (misal
model sentra, model area, model kelompok) ?
|
IbuB
|
:
|
Model
pengembangan kegiatan yang dilakukan yaitu model kelompok
|
A
|
:
|
Siapa yang
merancang program tersebut?
|
Ibu B
|
:
|
Secara garis
besar program kami rancang bersama yaitu saya dan para pendidik juga mengikut
sertakan yayasan dan kelompok diasuh 2 orang pendidik
|
A
|
:
|
Tadi saya
telah melihat salah satu kelas guru ibuk, guru memakai banyak APE, darimana
didapat APE itu?
|
Ibu B
|
:
|
TK kami memang
menggunakan banyak APE dan itulah salah satu perbedaan yang kami dengan TK
yang lain, pendidik memang saya tuntut untuk membuat atau menyediakan banyak
APE selain sekolah juga menyediakan APE-APE yang siap pakai atau dibeli dan
juga diperoleh dengan bantuan-batuan dengan mengajukan proposal baik proposal
ke Kabupaten, ke Propinsi, bahkan ke Pusat dan Alhamdulillah proposal yang
ajukan setiap selalu mendapat tanggapan
|
A
|
:
|
Apa latar
belakang/pendidikan para pendidik di TK Ibuk?
|
Ibu B
|
:
|
Latar belakang
pendidik di TK saya berbeda-beda ada dari Sarjana Hukum, Sarjana Bahasa
Inggris dan dari D2 PGTK. Meskipun demikian para pendidik kami sudah
berpengalaman di TK dan kami juga mengupayakan meningkatkan pemahaman dan
kreatifitas pendidik dengan mengikatkan pelatihan-pelatihan sehingga dari
hasil pantauan kami dibandingkan dengan pendidik yang berlatar belakang PGTK
mereka lebih kreatif dan menguasai pembelajaran di TK
|
A
|
:
|
Bagaimana
kepemimpinan yang ibuk terapkan di TK ini
|
Ibu B
|
:
|
Sebagai
seorang saya juga memberikan kebebasan kepada para pendidik dalam
mengembangkan potensi anak yang sesuai dengan program dan karakter sekolah
juga tidak lepas dari pengawasan sekolah. Saya memberikan penekanan
kepemimpinan kepada pendidik untuk memberikan kebebasan kepada anak untuk
berekplorasi sesuai dengan minat dan kemampuannya
|
A
|
:
|
Berapa jumlah
pendidik dan anak asuh di TK ini?
|
B
|
:
|
Pendidik
berjumlah 4 orang untuk mengawasi 52 orang anak yang terbagi dalam 2 kelompok
dan setiap kelompok diasuh oleh 2 orang pendidik
|
A |
:
|
Bagaimana
perkembangan jumlah maupun kwalitas anak didik di TK ibu 2 tahun terakhir?
|
B |
:
|
Dalam 2 tahun
terakhir ini jumlah anak didik di TK ini mengalami peningkatan yang cukup
membanggakan
Tahun Ajaran
2010/2011 jumlah siswa 30 orang
Tahun ajaran
2011/2012 jumlah siswa 40 orang
Tahun ajaran
2012/2013 jumlah siswa 52 orang
|
A
|
:
|
Apa yang
menyebabkan peningkatan dari jumlah anak didik ibuk?
|
B
|
:
|
Peningkatan
itu dikarenakan sekolah kami mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada anak
dan orang tua, pemakaian APE yang memadai sehingga anak tertarik dan betah
mengikuti PBM di sekolah ini, bagi pendidik lebih leluasa untuk bervariasi
dan bermunculannya ide-de dengan adanya APE yang banyak
|
A
|
:
|
Apa prestasi
yang pernah diraih oleh TK ini?
|
B
|
:
|
Sekolah ini
sudah banyak meraih prestasi sejak berdirinya lembaga ini pada tahu 2004
prestasi guru :
-
Lomba nyanyi Solo TK Kabupaten (Juara I 2008)
-
Lomba karya tulis pendidik PAUD pada 8 Juni
2012 yang diadakan oleh PTK PAUDNI
-
Juara I Tingkat Kabupaten
-
Juara karya nyata Pendidik PAUD pada 5 Juli
2012 pada Jambore PAUD meraih Juara I Tingkat Kabupaten
-
Juara APE TK Propinsi 2011 dan prestasi lain
seperti yang mencapai tingkat propinsi lomba kolasi, animasi, tata busana dan
sanggul daerah
Prestasi anak
didik
Juara lomba
senam kreasi, melukis, mewarnai gambar, pildacil, tari kreasi
|
A
|
:
|
Wah, cukup
membanggakan sekali prestasi-prestasi yang telah diraih sekolah ini.
Mudah-mudahan sekolah ini dapat mempertahankan prestasinya dan lebih
meningkat lagi dimasa yang akan datang
|
B
|
:
|
Amin, itu
sudah menjadi tekad kami
|
A
|
:
|
Baiklah bu,
sudah banyak informasi yang kami dapatkan sebelumnya saya mohon maaf sudah
menyita waktu Ibuk dan saya mengucapkan terima kasih
|
B
|
:
|
Sama-sama
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar